Tuesday, August 24, 2010

peterpan

DIBALIK LOGO PETERPAN

oleh Official Peterpan Band pada 12 Maret 2010 jam 6:43
Sahabat semua tau kan logo dari Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David ? Itu lhoo… yang gambarnya menyerupai bulu angsa. Kali ini saya ingin membahas mengenai apa sebenarnya arti dan nilai filosofis dibalik logo tersebut. Untuk itu saya sengaja menemui Bang Ucok sang pembuat logo yang karyanya dipakai oleh Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David.


Apa sebenarnya yang mendasari pembuatan logo Peterpan menjadi logo yang seperti sekarang?


Sebenarnya awalnya Ariel sudah memberikan kisi-kisi apa yang dia inginkan untuk logonya. Dia ingin logo yang mengidentifikasikan nama “Peterpan”. Awalnya saya bingung juga karena yang saya tau Peter pan itu hanya sebuah dongeng, jadi awalnya gambarnya itu bulu yang ada di atas topi dari Peter pan. Tapi tidak jadi dipakai karena bentuknya jelek dan terlalu naif. Akhirnya saya kembangkan dan saya menawarkan suatu konsep bayangan yang gambarnya mirip dengan yang sekarang ada.


Lalu konsep tersebut idenya dari mana?


Saya ingin ada sesuatu yang identik dengan alam khayal, dari lirik-lirik lagu Peterpan. Tapi sebenarnya latar belakangnya banyak diambil dari lirik mereka karena mayoritas lirik mereka identik dengan alam khayal, imaginasi dan langit. Maka saya mengambil hal-hal yang tidak bersentuhan dengan bumi karena lirik mereka sendiri banyak yang lari dari bumi dan memberi inspirasi. Maka saya mengambil konsep “sayap” lalu di sederhanakan lagi menjadi “bulu” karena sayap tidak akan jadi apa-apa tanpa bulunya. 


Pada saat sebelum pembuatan logo, saya dengar ada semacam “psycho test” untuk setiap personil? 


Bisa dibilang “psycho test” tapi itu hanya test biasa saja, saya memang ingin tahu apa sebenarnya yang mereka inginkan. Apa yang mereka maksud dengan Peterpan dan apa yang mereka inginkan kedepannya. Saya memberi mereka masing-masing satu lembar kertas kosong dan mereka harus menulis apa yang ada di benak mereka ketika mereka membuat musik.


Sebentar lagi Peterpan akan mengganti nama, apakah akan ada perubahan juga dalam logonya?


Hmmm… bisa iya, bisa tidak. Yang pasti logo itu dibuat karena mereka dulu akan mengganti nama dan ingin mengikat image mereka dengan sesuatu. Dan yang paling memungkinkan adalah dengan gambar, maka ketika nanti namanya berubah, logonya akan tetap ada. Kalaupun ada pengembangan dari logo yang sekarang ada, tidak akan jauh dari logo dasar yang ada sekarang.


Nah itulah yang melatar belakangi logo yang kalian kenal selama ini dan apa cerita dibalik pembuatan logo tersebut.


(*Rani Keenan*)

No comments:

Post a Comment