Friday, March 25, 2011

PENDIDIKAN KITA

Pendidikan Bermutu untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa
Kemajuan Ipteks dalam perkembangan teknologi dan komunikasi sekarang ini kian pesat. Hal ini menyebabkan persaingan antarbangsa semakin ketat di era globalisasi. Pemerintah melalui reformasi di bidang pendidikan bertekad untuk meningkatkan kemampuan, kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia melalui pendidikan bermutu untuk semua. Tekad tersebut ditegaskan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini yang mempunyai tema ”Pendidikan Sains, Teknologi, dan Seni Menjamin Pembangunan Berkelanjutan dan Meningkatkan Daya Saing Bangsa”. "Tema tersebut sangat relevan dengan permasalahan dewasa ini dalam konteks peningkatan mutu pendidikan nasional untuk menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan berdaya saing."  
Mendiknas Prof. Dr. Bambang Sudibyo mengatakan setiap kali memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), akan terkenang seorang tokoh nasional yang sangat berjasa dalam pembangunan pendidikan nasional yaitu Ki Hadjar Dewantara. Beliau adalah pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia yang telah berjuang dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh sebab itu, patutlah bangsa Indonesia meneladani perjuangan beliau sebagai pelopor pembaruan dalam dunia pendidikan. Keteladanan ini ditunjukkan dengan terus mengembangkan ilmu pengetahuan seiring dengan tuntutan kebutuhan masyarakat serta kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (ipteks), ujar Mendiknas. Kemajuan ipteks, terutama perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, menyebabkan persaingan antarbangsa yang semakin ketat. Fenomena ini menunjukkan sains mempunyai peranan yang sangat penting dalam penguasaan teknologi.
Untuk itu, kemampuan penguasaan teknologi tidak hanya dikembangkan melalui peningkatan keterampilan menggunakan teknologi, tetapi juga melalui pengembangan daya nalar dan daya kreasi pada setiap jenjang pendidikan. Hal tersebut merupakan landasan yang kokoh untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam meraih masa depan bangsa yang lebih maju.
Bangsa Indonesia mempunyai sumber daya dan kekayaan alam yang melimpah, dengan keragaman hayati, geologi, dan budaya yang luar biasa. Namun, ternyata kekayaan tersebut belum semuanya dimanfaatkan bagi kesejahteraan bangsa, sebab belum diolah, dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.
Untuk bisa memanfaatkan secara optimal diperlukan sumber daya manusia unggul. Pendidikan merupakan kunci utama dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan  mampu mengolah serta memanfaatkan sumber daya tersebut.

No comments:

Post a Comment